Program ini di buat dengan 2 CLASS :
- BulatDanPecahan.java
- BulatDanPecahanTest.java
Buatlah sebuah program dengan menggunakan bahasa java dengan algoritma berikut ini :
I. Script Dari BulatDanPecahan.java
/*
* To change this template, choose Tools | Templates and open the template in
* the editor.
*/
package BulatDanPecahan;
/**
*
* @author asus A42F
*/
//Untuk menginputan dari keyboard
import java.io.BufferedReader;
import java.io.IOException;
import java.io.InputStreamReader;
import java.util.Scanner;
public class BulatDanPecahan {
public double [] bilangan = new double[100];// Deklarasi Variabel bilangan
public double [] bulat = new double[100];// Deklarasi Variabel bulat
public double [] pecahan = new double[100];// Deklarasi Variabel pecahan
public int jml_bilangan = 0 ;// Deklarasi Variabel jml_bilangan
public void prosesInput() {// method yang menjelaskan proses tentang program yang dijalankan dari awal sampai akhir
Scanner baca = new Scanner(System.in);//merupakan kelas lib yang digunakan untuk mengingput data dari keyboard
BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
System.out.print("Jumlah bilangan yang akan dimasukan : ");
jml_bilangan = baca.nextInt();//membaca data untuk di masukan ke variabel jml_bilangan
for(int i=1; i<=jml_bilangan; i++) {//prosesn pengulangan sesuai dengan inputan dari user
try{ //proses pertama kita akan memasukkan jumlah bilangan yang ingin di masukkan
System.out.print("Bilangan ke "+i+" : ");
bilangan[i] = Double.parseDouble(dataIn.readLine());
}catch(Exception e){//catch disini berfungsi untuk menangani bila terjadi kesalahan di block try
System.out.println("ERROR !! GAGAL MEMBACA KEYBOARD !!");//kalimat ini akan tampil apabila user memasukan input yang tidak sesuai dengan prosedur
System.exit(0);//program langsung berhenti apabila ada kesalahan dari user
}
}
}
public void seleksi() {//method yang berfungsi sebagai menyeleksi inputan dari keyboard
for (int i=1; i<=jml_bilangan; i++){//pengulangan sesuai dengan inputan dari user
// proses penyeleksian bilangan bulat atau pecahan
if((bilangan[i] %2 != 0)&&(bilangan[i] %2 != 1)&&(bilangan[i] %2 != -1)) {
pecahan[i] = bilangan[i];//maka bilangan tersebut bilangan pecahan
}
else {
bulat[i] = bilangan[i];//maka bilangan tersebut bilangan bulat
}
}
}
public void tampil() {//method yang berfungsi menampilkan hasil dari program
System.out.print("Jumlah Bilangan Bulat :");
int b = 0;// Deklarasi variabel b
for(int i=1; i<=jml_bilangan; i++) {//pengulangan sesuai dengan inputan dariuser
if(bulat[i] != 0) {
b++;//apabila hasil sesuai dengan seleksi if, maka jumlah bilangan yang dibaca akan ditambah 1
}
}
System.out.print(" "+ b +" ");
System.out.print("\nJumlah Bilangan Pecahan :");
int p = 0;
for(int i=1; i<=jml_bilangan; i++) {
if(pecahan[i] != 0) {
p++;
}
}
System.out.print(" "+ p +" ");
System.out.print("\n");
}
public double[] getBulat() {//method yang berfungsi untuk mengembalikan nilai bulat
return bulat;
}
public double[] getPecahan() {// method ini adalah method fungsi untuk mengembalikan nilai pecahan
return pecahan;
}
}
II. Script Dari BulatDanPecahanTest.java
/*
* To change this template, choose Tools | Templates and open the template in
* the editor.
*/
package BulatDanPecahan;
/**
*
* @author asus A42F
*/
public class BulatDanPecahanTest {
public static void main(String [] args){//method utama dari program
BulatDanPecahan lihat = new BulatDanPecahan();// untuk menghubungkan dengan class BulatDanPecahanTest
lihat.prosesInput(); // pemanggilan method prosesinput
lihat.seleksi(); // pemanggilan method seleksi
lihat.tampil(); // pemanggilan method tampil
}
}
Nih Hasil Dari Programnya:
Program telah berhasil :)
Sekian Postingan program tentang MENENTUKAN BILANGAN BULAT DAN PECAHAN kali ini... :Dmaaf ya bila ada salah - salah kata, penulisan atau sebagainya...
maklum masih proses belajar... :)
Download file .class : file .class
Download file .jar : file .jar
0 comments:
Post a Comment