Friday, August 31, 2012

MENENTUKAN BILANGAN BULAT DAN PECAHAN

Maaf ni yah sebelumnya, kali ini saya memposting program saya tentang MENENTUKAN BILANGAN BULAT DAN PECAHAN. Di sini saya menggunakan NetBeans IDE 7.1 Beta
Program ini di buat dengan 2 CLASS :
  1. BulatDanPecahan.java
  2. BulatDanPecahanTest.java
Soal :
Buatlah sebuah program dengan menggunakan bahasa java dengan algoritma berikut ini :


I. Script Dari BulatDanPecahan.java
/*
 * To change this template, choose Tools | Templates and open the template in
 * the editor.
 */
package BulatDanPecahan;

/**
 *
 * @author asus A42F
 */

//Untuk menginputan dari keyboard
import java.io.BufferedReader;
import java.io.IOException;
import java.io.InputStreamReader;
import java.util.Scanner;

public class BulatDanPecahan {
    public double [] bilangan = new double[100];// Deklarasi Variabel bilangan
    public double [] bulat = new double[100];// Deklarasi Variabel bulat
    public double [] pecahan = new double[100];// Deklarasi Variabel pecahan
    public int jml_bilangan = 0 ;// Deklarasi Variabel jml_bilangan

    public void prosesInput() {// method yang menjelaskan proses tentang program yang dijalankan dari awal sampai akhir
    Scanner baca = new Scanner(System.in);//merupakan kelas lib yang digunakan untuk mengingput data  dari keyboard
BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));

System.out.print("Jumlah bilangan yang akan dimasukan : ");
jml_bilangan = baca.nextInt();//membaca data untuk di masukan ke variabel jml_bilangan
for(int i=1; i<=jml_bilangan; i++) {//prosesn pengulangan sesuai dengan inputan dari user
            try{ //proses pertama kita akan memasukkan jumlah bilangan yang ingin di masukkan
                System.out.print("Bilangan ke "+i+" : ");
bilangan[i] = Double.parseDouble(dataIn.readLine());
            }catch(Exception e){//catch disini berfungsi untuk menangani bila terjadi kesalahan di block try
                System.out.println("ERROR !! GAGAL MEMBACA KEYBOARD !!");//kalimat ini akan tampil  apabila user memasukan input yang tidak sesuai dengan prosedur
                System.exit(0);//program langsung berhenti apabila ada kesalahan dari user
            }
}
    }
   
    public void seleksi() {//method yang berfungsi sebagai menyeleksi inputan dari keyboard
        for (int i=1; i<=jml_bilangan; i++){//pengulangan sesuai dengan inputan dari user
             // proses penyeleksian bilangan bulat atau pecahan
            if((bilangan[i] %2 != 0)&&(bilangan[i] %2 != 1)&&(bilangan[i] %2 != -1)) {
pecahan[i] = bilangan[i];//maka bilangan tersebut bilangan pecahan
            }
            else {
                bulat[i] = bilangan[i];//maka bilangan tersebut bilangan bulat
            }
}
    }

    public void tampil() {//method yang berfungsi menampilkan hasil dari program
System.out.print("Jumlah Bilangan Bulat   :");
int b = 0;// Deklarasi variabel b

for(int i=1; i<=jml_bilangan; i++) {//pengulangan sesuai dengan inputan  dariuser
            if(bulat[i] != 0) {
b++;//apabila hasil sesuai dengan seleksi if, maka jumlah bilangan yang dibaca akan ditambah 1
            }
}
       
        System.out.print(" "+ b +" ");

        System.out.print("\nJumlah Bilangan Pecahan :");
        int p = 0;

        for(int i=1; i<=jml_bilangan; i++) {
            if(pecahan[i] != 0) {
                p++;
            }
        }
       
        System.out.print(" "+ p +" ");
        System.out.print("\n");
    }

    public double[] getBulat() {//method yang berfungsi untuk mengembalikan nilai bulat
        return bulat;
    }

    public double[] getPecahan() {// method ini adalah method fungsi untuk mengembalikan nilai pecahan
        return pecahan;
    }
}

II. Script Dari BulatDanPecahanTest.java
/*
 * To change this template, choose Tools | Templates and open the template in
 * the editor.
 */
package BulatDanPecahan;

/**
 *
 * @author asus A42F
 */
public class BulatDanPecahanTest {
    public static void main(String [] args){//method utama dari program
BulatDanPecahan lihat = new BulatDanPecahan();// untuk menghubungkan dengan class BulatDanPecahanTest
    lihat.prosesInput(); // pemanggilan method prosesinput
lihat.seleksi(); // pemanggilan method seleksi
lihat.tampil(); // pemanggilan method tampil
    }
}

Nih Hasil Dari Programnya: 
Program telah berhasil :)
Sekian Postingan program tentang MENENTUKAN BILANGAN BULAT DAN PECAHAN kali ini... :D
maaf ya bila ada salah - salah kata, penulisan atau sebagainya...
maklum masih proses belajar... :)

Download file .class  : file .class
Download file .jar      : file .jar

0 comments:

Post a Comment